[INFO] Perbedaan Android 32-bit dengan 64-bit


Jika pada Windows 7 sudah mengunakan 64 bit, mengapa smartphone 32bit masih digunakan saat ini. Mungkin Sobat bertanya-tanya, mengapa baru tahun ini produsen merilis smartphone 64 bit, smartphone malah terlihat tertinggal dari teknologi. Menanggapi komentar Sobat Fairuz Felles pada Postingan StuepD tentang New CM12.1 32bit disini. Sekarang A-Mod mau share informasi garis besar perbedaan antara OS Android 32-bit dengan 64-bit dari segi keunggulan dan kelemahannya. Monggo disimak yang masi bingung tentang hal ini Sob.

Ketika smartphone 32 bit model Nexus terbaru, apa yang terjadi. Antusias gadget melakukan rooting, untuk memangkas aplikasi-aplikasi yang banyak memakan RAM.

Teknologi OS dan hardware prosesor 64-bit mampu mengunakan RAM diatas 4GB. Sebenarnya hanya bagian kecil dan tidak masalah di smartphone. Apa yang dimaksud ARM Cortex. ARM Cortex adalah arsitek prosesor. Perusahaan ARM merancang arsitek prosesor, dan mereka memberikan paten ke produsen chip. ARM tidak membuat prosesor, tapi pabrik lain yang memproduksi chip mereka.
Prosesor ARM digunakan untuk disain chip buatan Qualcomm, MediaTek, Samsung Exynos dan lainnya.

Sistem 64-bit memiliki keuntungan dengan lebih cepat memproses data sekali jalan, diperlukan prosesor tipe ARM v8. Prosesor dengan arsitek ARM v8 mendukung sistem OS 64bit, dan kompatibel dengan software 32bit. Contoh teknologi ARM v8 dibuat untuk Cortex-A57 dan Cortex A53. Rancangan ARM v8 ditujukan untuk smartphone dengan desain efisien dan konsumsi power lebih rendah. Seperti yang kita dapat ketahui sekarang banyak aplikasi yang masih belum mau mengambil keuntungan dari sistem 64bit, karena aplikasi masih dirancang dengan sistem lama (32-bit). Multi core dan multi-thread tidak banyak membantu untuk satu aplikasi. Misalnya aplikasi Twitter mengunakan multi core, tentu saja hanya memboroskan baterai smartphone. Untuk game memang perlu, mereka membutuhkan semua core CPU.
  
Teknologi prosesor ARM v8 adalah spesifikasi baru, lebih hemat power baik 32-bit dan 64-bit. Tidak peduli siapa produsennya, asalkan chip dibuat dari spesifikasi tersebut, memiliki kemampuan berbeda dibanding spesifikasi prosesor generasi sebelumnya. Mengunakan ARM v8 memang berakhir menjadi sistem prosesor 64bit. Intinya, teknologi 64bit untuk smartphone tidak memberi banyak perbedaan. Tapi mungkin masa mendatang diperlukan.

Seperti yang Sobat semua bisa ketahui Nexus 6 yang notabene adalah generasi Nexus yang terhitung masi anyar masih mengunakan prosesor 32bit, sedangkan OS Android produksi Google terbaru sudah untuk 64-bit. Apakah smartphone Nexus 6 kurang mantap, dan  menjadi kita ragu untuk mengunakannya. Tidak juga, karena smartphone 32 bit seperti Nexus 6 bukan teknologi yang tertinggal. Karena dapat Sobat lihat masih banyak produsen lain yang mengeluarkan smartphone berbasis Android Lollipop dengan prosesor 32-bit, jadi sebenarnya teknologi 32-bit masih mumpuni untuk aplikasi-aplikasi yang ada saat ini.

Jadi inti dan kesimpulannya kelebihan dan kekurangan daripada 32-bit dengan 64-bit adalah sebagai berikut:
  • Kelebihan Android 32-bit :
    • Ukuran aplikasi kecil dan ringan
      Cocok diterapkan pada mobile OS karena ukuran OS yang kecil sehingga muat di berbagai penyimpanan sistem pada perangkat
  • Kekurangan Android 32-bit :
    • Kapasitas RAM yang bisa dipakai hanya terbatas pada 4 GB
      Sistem lebih lambat kinerjanya dibanding 64-bit
  • Kelebihan Android 64-bit :
    • Memiliki kinerja yang lebih cepat ketimbang Android 32-bit
      Memiliki dukungan RAM hingga Exabyte, sehingga menjadikan smartphone dapat memproses lebih kencang berkali-kali lipat dibanding 32-bit
  • Kekurangan Android 64-bit :
    • Ukuran aplikasi menjadi lebih besar
      Kapasitas penyimpanan internal untuk sistem harus diperbesar, mengingat OS untuk 64-bit saja sudah besar ukurannya.
 Semoga artikel ini bisa menjawab teka-teki yang selama ini Sobat pikirkan ya :D
Thanks for reading my news about [INFO] Perbedaan Android 32-bit dengan 64-bit at my blog Custom Droid Rom if you want too share this article, please put the resource, and if you think this article is very usefully dont forget to bookmark this site with CTRL + D on your keyboard to web browser.

New and Hot Article's :

Note: only a member of this blog may post a comment.