[REVIEW] ZUK Z1



ZUK, pasti banyak orang yang baru mendengarnya. Pabrikan ponsel yang berpusat di China ini merupakan pendatang baru yang bekerja sama dengan Lenovo. ZUK Z1 ini merupakan produk awal besutan Produsen bernama ZUK ini, apa yang menjadi kesan Sobat semua melihat Ponsel Android ZUK Z1 ini? A-Mod tebak kalian semua pasti mengira ini adalah iPhone 6. haha. Ya memang bisa dibilang ZUK mengikuti tren desain seperti iPhone 6 yang juga sama ditiru oleh Samsung dengan S6 nya. ZUK Z1 ini akan beredar dengan dua versi Android OS yaitu ZUI yang berjalan pada Android Lollipop untuk region China, dan Cyanogen OS 12.1 untuk versi Global (Rest of World), sama seperti pada device-device Lenovo yang juga memiliki 2 versi OS yang berbeda antara CN dan ROW versionnya.

Dengan meluncur nya device ZUK Z1 ini maka akan dimulai kelas Smartphone murah namun spesifikasi yang gahar di luar China, hmmm.. tapi untuk rilis di Indonesianya sendiri A-Mod belum dengar desas desusnya Sob, semoga saja sih benar kan merambah Indonesia juga. hehehe. ZUK Z1 ini sendiri di banderol dengan harga $300 atau sekitar 4,2jutaan Sobat, hmmm. Lumayan juga ya. Tapi kira-kira sebanding gak ya dengan spesifikasinya? atau mungkin termasuk murah karena spesifikasinya oke punya ya? hmmm.. ayo Sobat kita simak ulasan lebih lengkapnya di bawah ini.


ZUK-Z1-Review-AH-6
Spesifikasi
Didalam dapur pacunya, ZUK Z1 dilengkapi dengan otak utama Qualcomm Snapdragon 801, yang dibarengi dengan RAM sebesar 3GB. Layar utama berjenis IPS LCD display nya sebesar 5,5inch dengan ukuran 1080p. Sumber tenaga alias baterainya berukuran 4100mAh.. mantap, pasti irit punya nih Sob. Buat yang hobi fotografi, hmm... pasti tersepona eh terpesona banget nih ma kualitas kameranya yang berukuran 13MP pada kamera utama, dan 8MP Sob buat kamera depannya. Ajib dah. Satu lai yang bikin WAH adalah internal storage nya Sob, ga nanggung-nanggung ZUK Z1 di tanami internal berukuran 64GB. wooowww banget kan?
ZUK-Z1-Review-AH-10ZUK-Z1-Review-AH-20
Untuk spesifikasi lainnya ZUK Z1 ini dibekali juga dengan USB tipe C yang merupakan USB 3.0 demi menyokong proses pengisian daya agar lebih cepat. Wifi 802.11 a/b/g/n/ac, dan Bluetooth 4.1 menjadi bekal utama pada konektifitas tambahan selain dari konektifitas selulernya. Dan GPS nya sendiri juga mendukung A-GPS dan juga GLONASS loh jadi pasti yang hobi traveling ga usah takut nyasar lagi karena sudah pasti akurasi GPS nya mantappp cing!!!. Namun sayangnya dipangkas satu fitur yang mungkin memang jarang dipakai sih yaitu NFC.

Fisik 
A-Mod berpikir ZUK Z1 ini benar benar mengcopy iPhone secara blak-blak an. Walau ukuran bentang layarnya 5,5 inch namun seperti nya tidak terlalu besar di genggaman tangan, masi rasional lah,hehehe. Jadi tidak terlalu sulit untuk mengoperasikan ponsel ini walau dengan menggunakan satu tangan saja. Salah satu nilai minus nya adalah material dari body belakang yang berbahan glossy. Ini tentu berimbas pada pemakaian yang kurang nyaman karena licin dan rawan jatuh tentunya. Untuk tombol fisik seperti volume dan power ZUK Z1 ini berada di sisi kanan body. Memang tidak terlalu menjadi masalah untuk pemakaian wajar, namun jika Sobat hobi SS alias screenshoot pasti bakalan ribet karena ga bisa dilakukan dengan satu tangan saja. Benar kan??? Untuk bagian sisi kiri body nya bisa kita temukan slot untuk kedua SIMcardnya. Seperti biasa namun seperti yang dilansir oleh AndroidHeadlines slot SIM kedua pada ZUK Z1 hanya support pada jaringan 2G, dan yang support jaringan 4G LTE hanya didukung oleh SIM pertama saja.

Pada bagian bawah layar kita menemukan tombol fisik juga yang multiguna, yaitu juga berfungsi sebagai fingerprint sensor dan juga home button. AndroidHeadlines melansir jika Fingerprint Sensor pada device ini jauh lebih cepat dan responsif ketimbang Fingerprint Sensor milik Samsung Galaxy Note 5. Busett.. mantap bener ya Sob. "U-Touch" menjadi salah satu fitur unggulan pada ZUK Z1, dengan fitur ini kita bisa mengcustomisasi atau melakukan berbagai macam tipe gesture yang bisa kita rubah sesuka hati. Misal Sobat mengatur jika menyentuh sensor fingerprit maka akan kembali ke halaman utama atau home, atau bisa juga jika kita swipe akan menjadi gerakan memilih aplikasi tertentu.


Software
Seperti yang sebelumnya sudah di infokan, ZUK Z1 versi China alias khusus di perjual-belikan di China dilengkapi dengan Android OS besutan ZUK bernama ZUI. Seperti kebanyakan OS Android dari China, ZUI tidak dilengkapi app drawer alias seperti iOS semua aplikasi berjejer di halaman depan bersamaan dengan widget. Dan satu lagi jika Sobat berusaha membeli ponsel ini secara BM atau mungkin Sobat sedang berada di China dan ingin membeli ZUK Z1 ini jangan kaget jika Sobat tidak akan menemukan adanya PlayStore dan aplikasi Google lainnya. hehe, lain cerita jika Sobat membeli yang Global version, dengan OS CyanogenMod 12.1 nya dan tentu dilengkapi dengan GAPPS.



The Good Things:
  1. Storage yang super besar yaitu 64GB, 
  2. Kamera yang mantap dan performa yang oke 
  3. Dengan ditanamnya OS CyangogenMod untuk versi Global/ROW pastinya menjadi nilai plus tersendiri buat yang hbi oprek-orek. hehe
The Bad Things:
  1. Material bodi belakang yang berbahan licin.
Nah segitu aja Sob review nya dari A-Mod. Semoga bisa jadi referensi buat yang lagi menantikan device ini masuk ke Indo, atau mungkin Sobat yang berniat memesan dari online store seperti eBay / Aliexpress. Kalo masih kurang Sobat bisa lihat video review dari Youtube di bawah ini:



ditulis oleh: IA
referensi: AndroidHeadlines
Thanks for reading my news about [REVIEW] ZUK Z1 at my blog Custom Droid Rom if you want too share this article, please put the resource, and if you think this article is very usefully dont forget to bookmark this site with CTRL + D on your keyboard to web browser.

New and Hot Article's :

Note: only a member of this blog may post a comment.