[REVIEW] Samsung Galaxy A3


Seri terbaru dari jajaran Galaxy, kini telah hadir dihadapan Anda. Ya, Samsung Galaxy A3 telah hadir menghiasi dunia smartphone dengan desain yang mewah.
Perusahaan asal Korea Selatan ini, membekali produknya tersebut dengan jenis layar Super AMOLED yang sudah terbilang mumpuni akan kualitasnya. Dengan chipset Qualcomm Snapdragon 410 MSM8916, CPU quad-core 1.2 GHz Cortex-A53 dan GPU Adreno 306 membuat smartphone satu ini cukup menakjubkan pada kelas mid-end.
Seperti apa performa secara keseluruhan Samsung Galaxy A3 ini? Berikut review selengkapnya kami ulaskan untuk Anda.
Spesifikasi
  • 2G Network: GSM 850 / 900 / 1800 / 1900 MHz
  • 3G Network: HSDPA 850 / 900 / 1900 / 2100 MHz
  • Tipe Kartu: Nano-SIM
  • Layar Super AMOLED 4.5" qHD (540 x 960, 245 ppi)
  • Android KitKat 4.4.4
  • Prosesor Snapdragon 410 MSM8916 Quad-core 1.2 GHz Cortex A-53
  • Adreno 306 GPU
  • RAM 1 GB
  • Memori Internal 16 GB (microSD hingga 64GB)
  • Kamera belakang 8 MP autofokus LED flash
  • Kamera depan 5 MP
  • Dimensi 130.1 x 65.5 x 6.9 mm; 110 gram
  • Baterai non-removeable Li-Ion 1.900 mAh
  • Sensor Accelerometer, Geomagnetic, Proximity, Hall, Light, RGB
Paket dan Penjualan

  • Handset Samsung Galaxy A3
  • Charger
  • Kabel Data
  • Headset in-ear & Cadangan in-ear
  • Kartu Garansi
  • Buku Panduan
  • Kartu Promosi
  • Pin Untuk Membuka Slot SIMcard & MicroSD
Desain dan Bodi
Ya, Samsung Galaxy A3 memiliki desain inovatif yang ramping, tipis dan terlihat sangat mewah. Terlihat dari bodi yang dibalut menggunakan full lapisan logam, menjadikan Samsung Galaxy A3 memiliki kesan premium. Berkonsepkan unibodi, pada bagian belakang smartphone ini didesain yang menggunakan bahan logam namun kesat. Sehingga, handset tidak licin dan tidak gampang tergelincir atau merosot ketika Anda memegangnya.

Kesan pertama menggenggam Samsung Galaxy A3, terasa sekali kesan premiumnya. Seperti menjadi eksekutif muda yang memiliki taste yang tinggi, dan sama sekali tidak terlihat murahan. Dengan bobot berat 110 gram dengan dimensi 130.1 x 65.5 x 6.9 mm, cukup mudah menyimpan smartphone ini kedalam saku celana.

Pada sisi bawah frame, handset ini menyediakan slot untuk jack audio 3.5 mm serta port untuk USB 2.0. Untuk bagian sisi kanan frame, terdapat tombol untuk volume up dan down. Beralih ke sisi kiri frame, terdapat tombol untuk mengaktif dan menonaktifkan fitur lock serta mematikan dan menyalakan smartphone. Dibawah tombol lock tersebut, terdapat dua slot untuk dual-SIMcard dan memori eksternal yang harus dibuka dengan menggunakan pin yang telah disediakan pada paket penjualan smartphone tersebut.



Pada bagian belakang, terdapat kamera, LED flash, dan loudspeakers. Selain itu, logo Samsung dengan ukuran seperti biasa diletakkan ditengah bagian belakang. Lalu, untuk bagian depan, terdapat kamera depan yang letaknya ada diatas layar sebelah kanan. Kemudian disebelahnya, terdapat sensor cahaya dan lampu untuk notifikasi yang masuk. Pada bagian atas layar ini seperti biasa terdapat speaker earpiece dan logo Samsung dibawah speaker tersebut. Setelah itu, terdapat tombol home untuk menampilkan smartphone ke homescreen.


Layar dan Antarmuka
Layar yang digunakan Samsung Galaxy A3 berjenis Super AMOLED, memiliki ukuran 4.5" dengan resolusi 540 x 960 pixels qHD dan memiliki kerapatan hingga 245 ppi. Hasilnya, layar terlihat cukup jernih dan tajam. Namun, untuk bagian perlindungan, smartphone ini tidak memberikan Corning Gorilla Glass, sehingga membuat layar Samsung Galaxy A3 rentan tergores.

Samsung Galaxy A3 telah tertanam sistem operasi Android 4.4.4 KitKat, yang dibungkus dengan antarmuka TouchWiz. Di area lockscreen, seperti biasa terdapat informasi jam dan tanggal, serta satu akses pintas utama yakni kamera. Beralih ke homescreen, Anda akan disajikan 1 buah homescreen yang dapat ditambah hingga maksimal 5 halaman dengan masing-masing menampilkan 4 kolom ikon aplikasi. Untuk mengatur halaman, Anda tinggal mencubit atau menekan layar sekitar satu detik. Homescreen ini akan menjadi kanvas untuk menaruh dan menyusun widget-widget yang Anda inginkan. Selain itu, Anda dapat membuat folder pada halaman homescreen.


Pada menu utama, smartphone ini dapat menampilkan seluruh aplikasi, baik aplikasi bawaan, aplikasi terunduh maupun aplikasi yang sering digunakan. Selain itu, handset ini menawarkan fitur untuk menyembunyikan aplikasi yang tersedia. Dalam tampilannya, Anda dapat mengubah dengan versi custom, atau sesuai dengan alfabet. Tidak hanya itu, Anda pun dapat mengatur posisi aplikasi pada menu utama tersebut.

Dengan ukuran layar sebesar 4.5 , tentu saja Samsung Galaxy A3 merupakan pilihan yang cocok untuk Anda yang tidak suka smartphone dengan dimensi yang besar. Galaxy A3 memiliki ukuran bezel yang tipis, yang dibalut dalam 4 pilihan warna yang menyelimuti bodi berbahan logam ini. Beralih ke pengetikan, handset ini memiliki fitur input teks yang cukup komplit, terdapat fungsi swipe, serta perbendaharaan kata pada dictionary dapat diupdate dari pesan yang ditulis dan aplikasi Contacts yang tersedia. Selain itu, tersedia juga fitur-fitur seperti auto capitalization, auto punctuation, auto spacing dan lain sebagainya.



Aplikasi
Samsung membekali Galaxy A3 dengan aplikasi bawaan yang cukup berlimpah. Aplikasi tersebut meliputi Calculator, Camera, Chrome, Clock, Contacts, Drive, Email, Galaxy Apps, Galaxy Gift, Gallery, Gmail, Google, Google Settings, Google+, Hangouts, Internet, Line, Maps, Memo, Messages, My Files, Phone, Photos, Play Books, Play Games, Play Movies & TV, Play Music, Play Newsstand, Play Store, Radio, S Planner, Settings, Video, Voice Recorder, Voice Search, dan YouTube.


Performa
Bagaimana dengan performa Samsung Galaxy A3? Dengan spesifikasi layar beresolusi 540 x 960 pixels, chipset Qualcomm Snapdragon 410 MSM8916 quad-core 1.2 GHz Cortex-A53, GPU Adreno 306. Selain itu, smartphone ini dibenamkan RAM berkapasitas 1 GB. Performa Galaxy A3 sudah terbilang mumpuni untuk menjalankan aktivitas harian Anda. Tidak hanya itu, Samsung Galaxy A3 pun dapat melahap semua pekerjaan berat tanpa masalah, seperti bermain game dan menonton film full HD.
Kamera
Samsung Galaxy A3 menawarkan kamera utama yang berukuran 8 MP dengan sensor CMOS yang telah dilengkapi dengan autofocus dan LED flash. Fitur-fitur yang dibenamkan dalam kamera yang menghadap belakang ini cukup banyak, seperti Auto, Beauty face, Panorama, Rear-cam Selfie, Continous shot, HDR, Night mode, dan Create AGIF file. Semua fitur dalam kamera belakang ini sungguh luar biasa.
Auto Mode
Menghasilkan suatu foto dengan mode full otomatis.

Hasil

Beauty Face
Membuat hasil foto yang diproduksi kamera ini, terlihat lebih sempurna dengan airbrushed effects.

Hasil

Panorama
Menghasilkan foto dengan pandangan yang luas dengan cara menggerakkan kamera ke horizontal maupun vertical secara perlahan.

Hasil

Rear-cam Selfie
Fitur ini digunakan untuk mendeteksi wajah ketika akan mengambil foto dengan posisi portrait.

Hasil

Continuous Shot
Dengan menekan dan menahan tombol pengambil gambar sekali, maka fitur ini akan menghasilkan foto sebanyak maksimal 30 buah secara terus-menerus.

Hasil
Samsung Galaxy A3 Review Gallery
HDR
Menciptakan hasil gambar dengan varian eksposure yang berbeda, dan mengombinasi gambar tersebut menjadi lembut dan kaya akan warna.

Hasil

Night Mode
Menghasilkan suatu foto yang baik dimana objek mendapatkan cahaya yang minim tanpa memakai flash. Namun, hasil night mode pada kamera ini menghasilkan cukup banyak noise.

Hasil

Create AGIF File
Membuat foto-foto menjadi suatu rangkaian animasi yang hasilnya dapat diatur sesuai yang Anda inginkan.

Hasil

Beralih ke kamera bagian depan. Kamera depan Samsung Galaxy A3 dibekali dengan ukuran 5 MP. Fitur-fitur yang terdapat pada kamera depan ini memang tidak banyak seperti kamera belakang, namun fitur-fitur tersebut sungguh menakjubkan. Seperti Wide selfie, yang dapat melakukan selfie secara beramai-ramai tetapi semua objek dapat terlihat dengan jelas. Lalu, ada juga Create AGIF file sama seperti kamera belakang. Selain itu, terdapat fitur Palm Selfie, yang dapat melakukan selfie dengan hanya menyentuh layar satu kali tanpa harus ditahan lama terlebih dahulu.
Selfie Mode
Merupakan mode full otomatis pada kamera bagian depan.

Hasil

Create AGIF File
Sama seperti kamera belakang, kamera depan pun dapat membuat foto menjadi satu rangkaian animasi dengan format .GIF. Namun, pada fitur ini, Anda tidak dapat menggunakan Palm Selfie.

Hasil

Wide Selfie
Ketika Anda sedang bersama kerabat, keluarga dan lainnya dengan jumlah yang cukup banyak, fitur ini dapat diandalkan untuk melakukan selfie. Sistem memotret dengan kamera yang digerakkan secara horizontal, maka semua objek akan terlihat baik dan sempurna.

Hasil

Selain itu, fitur seperti DSLR juga hadir di Samsung Galaxy A3. Seperti pengaturan exposure, ISO, white balance, camera lines dan metering mode. Tidak hanya itu, kamera ini dapat memotret dan merekam video dengan sensor suara. Location tags juga menjadi salah satu fitur canggih pada kamera ini.

Kualitas untuk video juga tak kalah menarik. Kamera ini menyajikan kualitas full HD 1080p dengan 30fps. Hasilnya, tak kalah dengan smartphone di kelas high-end. Ketajaman membuat hasil rekaman video ini terlihat luar biasa.
Galeri Foto, Pemutar musik dan Pemutar Video
Samsung Galaxy A3 menggabungkan galeri foto dan video menjadi satu. Anda dapat melihat pilihan All yang berarti semua file yanag ada di aplikasi Galery ini akan ditampilkan. Kemudian pilihan Albums , yang membuat aplikasi ini tersusun sesuai album yang telah Anda buat. Lalu, opsi ketiga ada Location . Opsi ini akan menampilkan file sesuai lokasi yang telah Anda hasilkan.


Ketika Anda memilih salah satu foto, Anda dapat langsung share ke aplikasi messenger dan sosial media lainnya. Selain itu, Anda dapat menyunting foto dengan fitur Photo Editor namun fitur tersebut harus didownload terlebih dahulu.

Untuk pemutar musik, aplikasi bawaan dari Samsung Galaxy A3 yaitu Play Music. Warna dominan oranye dan putih yang melekat, membuat Anda akan merasa nyaman ketika membuka aplikasi ini. Lagu-lagu yang tersedia pada memori, akan dikelompokkan berdasarkan Genres, Artist, Albums, dan Songs.Format yang dapat diputar pada pemutar musik smartphone ini meliputi : MP3, M4A, 3GA, AAC, OGG, OGA, WAV, AMR, AWB, FLAC, MID, MIDI, XMF, MXMF, IMY, RTTTL, RTX, OTA.



Untuk pemutar video, meskipun telah disatukan dalam aplikasi Galery, namun Samsung membekali Galaxy A3 dengan aplikasi Video. Sehingga, dalam aplikasi ini hanya menampilkan file berupa video saja. Dalam aplikasi ini, tampilan dapat diubah sesuai keinginan Anda. Seperti fitur View as, Sort by, dan Auto play next.

Ketika Anda memutar salah satu video, maka file tersebut dapat dishare ke aplikasi messenger dan sosial media. Selain itu, terdapat fitur Subtitles dan Listen via Bluetooth yang akan membuat Anda semakin merasa nyaman bila menonton suatu video dengan smartphone ini. Format yang dapat diputar dalam video meliputi, MP4, M4V, 3GP, 3G2, MKV, WEBM.

Konektivitas
  • Dual SIM (Nano SIM)
  • Bluetooth 4.0 dengan A2DP, AVRCP, DI, HFP, HID, HOGP, HSP, MAP, OPP, PAN, PBAP
  • Wi-Fi 802.11 b/g 2.4 GHz
  • ANT+
  • USB 2.0
  • Jack 3.5mm
Untuk konektivitas data, Samsung Galaxy A3 telah mendukung jaringan GSM 4G LTE (optional). Untuk jaringan 3G, smartphone ini telah mendukung kecepatan download hingga 42.2 Mbps dan 150 Mbps untuk jaringan 4G LTE.
Web Browser
Terdapat web browser bawaan Samsung dan juga Google Chrome sebagai mesin penjelajah dunia maya. Performa saat membuka website versi desktop dengan cukup banyak konten, terlihat masih cepat dan smooth. Tetapi, jika Anda memakai dengan menggunakan jumlah tab yang banyak, performanya akan sedikit menurun. Tersedia beberapa fitur standar seperti Incognito, Share, Find on page dan Desktop View. Selain itu, terdapat pengaturan standar bawaan seperti General, Privacy and security, Accesbility, Advanced, Bandwidth management dan Labs.
Samsung Galaxy A3 Review Gallery
Daya Tahan Baterai
Smartphone Galaxy A3 telah dibenamkan baterai yang berkapasitas 1.900 mAh. Ini merupakan kapasitas baterai yang cukup kecil bukan? Mengingat spesifikasi yang sangat baik dari smartphone ini, maka pastinya akan banyak menguras daya baterai. Daya tahan baterai ini dapat bertahan tidak lebih dari satu hari dalam penggunaan normal dan konektivitas data yang aktif.
Kami menguji coba daya tahan baterai ini dengan menonton video full HD 1080p, dalam waktu 1 jam 54 menit, baterai berkurang dari 100% menjadi 84%.
*kondisi tingkat kecerahan layar 78%, internet aktif melalui wi-fi, kartu SIM tidak aktif, akun email tidak aktif. Menonton video menggunakan loudspeaker di level 10.
Hasil Benchmark
  • Antutu : 20.204 poin
  • GeekBench3 : 463 single-core poin, 1.381 multi-core poin
  • Quadran Standart : 12.217 poin
  • GPU Bench : 13.064 poin, screen resolution normalized 6.773 poin
  • HTML5test.com : 346 dari 555 poin
Samsung Galaxy A3 Review Gallery
Kesimpulan
Samsung Galaxy A3 merupakan smartphone yang cukup baik di kelas mid-end. Dengan spesifikasi yang terbilang tinggi dan desain yang terkesan premium serta mewah, membuat smartphone ini sungguh menakjubkan. Hanya saja, dengan kapasitas baterai yang rendah, handset ini haus akan daya baterai.
Kelebihan
  • Desain premium dan mewah
  • Spesifikasi yang terbilang tinggi
  • Fitur pada kamera yang cukup banyak
  • Harga terjangkau
Kekurangan
  • Daya baterai rendah
  • Tidak ada Corning Gorilla Glass
  • Kapasitas RAM terbilang kecil
Parameter Penilaian
  • Desain : 9.6
  • Kualitas : 9.0
  • Fitur : 8.9
  • Performa : 8.5
  • Baterai : 7.5
  • Harga : 8.8
  • Nilai keseluruhan : 8.71222 -> 8.7
Dimulai dengan Review LG Nexus 5, kami menggunakan parameter penilaian terbaru dengan total 6 parameter. Untuk nilai yang tertera di dekat judul review adalah Nilai Keseluruhan, dibulatkan sampai 1 desimal.
SUMBER: teknoup
Thanks for reading my news about [REVIEW] Samsung Galaxy A3 at my blog Custom Droid Rom if you want too share this article, please put the resource, and if you think this article is very usefully dont forget to bookmark this site with CTRL + D on your keyboard to web browser.

New and Hot Article's :

Note: only a member of this blog may post a comment.